A. Pengertian
Evaluasi adalah kegiatan terencana yang dilakukan untuk malakukan suatu object berdasarkan instrumen pembelajaran untuk menarik suatu kesimpulan.
B. Hubungan pengukuran, penilaian dan evaluasi
Pengukuran dapat dilakukan berupa test atau non test..dari hasil test tersebut didapat nilai yang merupakan penilaian suatu objeck ..lalu dari penilaian tersebut dapat dilakukan evaluasi.
C. Tujuan
a. mendiskripkan kemampuan belajar siswa
b. mengetahui tingkat keberhasilan siswa dalam belajar matematika
c. mengetahui tindak lanjut penilaian
d. memberikan bukti pertanggung jawaban yang dimiliki
D. Jenis-jenis
1. formatif
Evaluasi yang dilakukan setiap akhir pembahasan untuk pokok atau bahasan dan dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana suatu proses pembelajaran telah berjalan sebagaimana yang sudah direncanakan.
Contoh: tugas atau PR.
2. Sumatif
Evaluasi yang dilakukan setiap akhir satu satuan waktu yang didalam lebih tercakup dari satu pokok bahasan dan mengetahui sejauh mana peserta didik telah berindah dari satu unit ke unit lain.
Contoh: kuis, ulangan harian, dan MID.
3. Diagnostik
Evaluasi yang digunakan untuk mengetahui kelebihan-kelebihan dan kelemahan yang ada pada siswa. Sehingga daat diperlakukan dengan tepat.
Contoh: freetest, proses, posttest.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar