HOREEEEEEEEEEE

HOREEEEEEEEEEE

Dasar dan Proses Pembelajaran Matematika

Jumat, 30 Desember 2011

4 KOMPETENSI YANG HARUS DIMILIKI SEORANG GURU


4 komptensi yang harus dimiliki seorang guru adalah Pedagogik, Kepribadian, Profesionalisme dan Sosial.
Kompetensi Pedagogik;  guru harus menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, empational, intelektual. Selain itu dituntut menguasai teori  belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik dan teknik penilaian, mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidangnya, memamfaatkan teknologi informasi, komunikasi dan media untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan pengembangan yang mendidik. Selain itu seorang guru harus mampu memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensinya dan mampu berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik serta mampu memamfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.
Dalam kompetensi kepribadian guru dituntut bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial dan mencerminkan budaya nasional Indonesia, selain itu harus mampu menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, beraklak mulia serta teladan bagi peserta didik dan masyarakat.Guru juga harus menunjukan etos kerja, tanggung jawab tinggi, rasa bangga menjadi guru serta rasa percaya diri yang tinggi, kode etik profesi.
Read More..

8 KETERAMPILAN DASAR GURU DALAM MENGAJAR


Guru merupakan sosok yang ditiru, begitulah falsafah yang sering kita dengar. Program kelas tidak akan berarti bilamana tidak diwujudkan menjadi kegiatan. Untuk itu peranan guru sangat menentukan karena kedudukannya sebagai pemimpin pendidikan diantara murid-murid suatu kelas . Secara etimologi atau dalam arti sempit guru yang berkewajiban mewujudkan suatu program kelas adalah orang yang kerjanya mengajar atau memberikan pelajaran di sekolah atau kelas.
Secara lebih luas guru berarti orang yang bekerja dalam bidang pendidikan dan pengajaran yang ikut bertanggung jawab dalam membantu anak-anak untuk mencapai kedewasaan masing-masing dalam berpikir dan bertindak. Guru dalam pengertian terakhir bukan sekedar orang yang berdiri di depan kelas untuk menyampaikan materi  pengetahuan tertentu, akan tetapi adalah anggota masyarakat yang harus ikut aktif dan berjiwa bebas serta kreatif dalam mengarahkan perkembangan akan didiknya menuju sebuah cita-cita luhur mereka. Untuk mencapai hal tersebut, dibutuhkan keterampilan-keterampilan dasar seorang guru dalam mengajar.
Turney (1973) mengemukakan 8 (delapan) keterampilan dasar mengajar, yakni:
Pertama, keterampilan bertanya yang mensyaratkan guru harus menguasai teknik mengajukan pertanyaan yang cerdas, baik keterampilan bertanya dasar maupun keterampilan bertanya lanjut
Kedua, keterampilan memberi penguatan. Seorang guru perlu menguasai keterampilan memberikan penguatan karena penguatan merupakan dorongan bagi siswa untuk meningkatkan perhatian.
Ketiga, keterampilan mengadakan variasi, baik variasi dalam gaya mengajar, penggunaan media dan bahan pelajaran, dan pola interaksi dan kegiatan
Keempat, keterampilan menjelaskan yang mensyaratkan guru untuk merefleksi segala informasi sesuai dengan kehidupan sehari-hari. Setidaknya, penjelasan harus relevan dengan tujuan, materi, sesuai dengan kemampuan dan latar belakang siswa, serta diberikan pada awal, tengah, ataupun akhir pelajaran sesuai dengan keperluan.
Kelima, keterampilan membuka dan menutup pelajaran. Dalam konteks ini, guru perlu mendesain situasi yang beragam sehingga kondisi kelas menjadi dinamis.
Keenam, keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil. Hal terpenting dalam proses ini adalah mencermati aktivitas siswa dalam diskusi.
Ketujuh, keterampilan mengelola kelas, mencakupi keterampilan yang berhubungan dengan penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimal, serta pengendalian kondisi belajar yang optimal.
Kedelapan, keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan, yang mensyaratkan guru agar mengadakan pendekatan secara pribadi, mengorganisasi-kan, membimbing dan memudahkan belajar, serta merencanakan dan melaksana-kan kegiatan belajar-mengajar.
Semoga dengan kita mampu menguasai 8 ketrampilan dasar tersebut dapat menjadikan diri kita sebagai guru yang profesional sehingga mampu menghantarkan murid-murid kita menuju pendidikan yang paripurna.
Read More..